• Alamat: Jl. M Hatta no 11 Kota Blitar
  • No Telepon: +6281 33 086 1212
  • Jam Buka: Senin-Sabtu pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB
Masjid An-Nur Blitar

Banyak sekali bangunan – bangunan di Blitar yang merupakan tempat bersejarah dan mempunyai cerita tersendiri. Di daerah Plosokerep, kota Blitar terdapat sebuah masjid, yang konon katanya didirikan pada jaman perang Diponegoro sekitar tahun 1830. Masjid An–Nur ini merupakan peninggalan dari bupati Mbagelenan, yang merupakan prajurit Pangeran Diponegoro. Cerita ini juga erat kaitannya dengan sejarah tentang Mbah Singodongso yang merupakan orang yang menemukan lahan baru atau “mbabat alas” daerah Plosokerep. Dinamakan Plosokerep, konon ceritanya banyak sekali pohon “ploso” di daerah itu dan “kerep” sendiri berarti banyak dalam Bahasa jawa.


Di depan bangunan masjid terdapat sebuah pohon sawo yang cukup besar dan rindang. Pohon sawo ini juga konon menjadi sebuah tanda peninggalan dari Pangeran Diponegoro yang memiliki filosofi tersendiri. Konon, sawo merupakan sebuah makna dari “Sami’naa Wa athO’naa”. Ungkapan ini mengandung arti kepercayaan penuh atau keimanan yang tinggi. Saat itu, ungkapan ini merupakan jawaban prajurit untuk mentaati perintah pemimpinnya. Menanam pohon sawo kecik juga merupakan sebuah pesan untuk senantiasa menanam kebaikan. Pesan dalam Bahasa jawa, “Podho nandhuro sawo kecik, podho nandhuro samubarang kang sarwo becik”, artinya “tanamlah sawo kecik, tanamlah selalu sesuatu kebaikan”. Menanam buah sawo ini pun menjadi ciri khas Diponegoro dan para pengikutnya.

Pada jaman perang, selain untuk tempat ibadah, Masjid An – Nur ini juga merupakan tempat untuk persembunyian dan musyawarah. Masjid ini sudah pernah dipugar di beberapa bagian bangunannya, yaitu di bagian tiang bawah masjid, atap dan lantai bagian depan masjid. Selain bagian tadi, masih terlihat bangunan asli masjid. Sampai saat ini masjid ini juga masih digunakan untuk beribadah oleh penduduk sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.